10 Juni 2011

PCLinuxOS


A. Sejarah PCLinuxOS
PCLinuxOS berawal sejak hampir empat tahun lalu sebagai turunan dari MandrakeLinux 9.2. Begitu juga Versi-versi PCLinuxOS berikutnya yang tetap dibangun berdasarkan MandrivaLinux. Sebagai contoh PCLinuxOS 2007 ini tetap menggunakan beberapa source code dari MandrivaLinux sebagaimana bisa kita lihat pada saat startup wizard, penginstalan ke Harddisk dan PCLinuxOS Control Center.
PCLinuxOS 2007 ditawarkan ini secara langsung. Setelah live CD melakukan booting kernel dan sebelum user melihat lingkungan dekstop, sistem konfigurasi wizard akan muncul dan menanyakan tentang keyboard, time zone dan koneksi network yang Anda gunakan.
PCLinuxOS 2007 terlihat “mengkilap” dan profesional. Boot dan Login proses dipercantik dengan theme baru Diamond Plate Metal, KDE Desktop menampilkan wallpaper biru bermodel abstract dengan semi-transparan panel. Jika Anda lebih menyukai GNOME desktop, Anda bisa memilih task-gnome di Synaptic paket manajer dan Synaptic akan dengan senang hati menginstallkannya untuk Anda.
B. Feature Dan Applikasi PCLinuxOs 2007
Aplikasi yang disertakan pada edisi PCLinuxOS 2007 ini begitu beragam. Untuk kebutuhan perkantoran, OpenOffice suite 2.2.0 siap menemani Anda. Firefox 2.0.0.3 siap melayani Anda akan kebutuhan surfing di dunia maya. Anda bisa puaskan untuk mendengar atau memainkan aplikasi multimedia Anda dengan Amarok, MPlayer, Kaffeine, Frostwire, DeVeDe, TVTime, Flash, and Java JRE.
Sedang untuk melihat atau memanipulasi gambar dan foto, PCLinuxOS menyediakan GIMP, GQView, digiKam, dan Kalbum. Anda ingin tampilan 3 dimensi yang menawan, beryl 3D akan mewujudkannya. Aplikasi Internet begitu beragam antara lain XChat, Kopete, Ktorrent, Thunderbird, dan TightVNC. Sistem tool termasuk diantaranya K3b, Krusader, GKrellM, dan SearchMonkey.
Untuk mengkonfigurasi sistem PCLinuxOS 2007 menyediakan KDE Control Panel dan PCLinuxOS Control Panel. Dengan PCLinuxOS Control Panel, Anda bisa melakukan setting terhadap sistem dan hardware terpasang, antara lain pengaturan firewall, groupware mail services, Network devices dan konfigurasi koneksi, pemilihan service pada saat start dan masih banyak lagi.
Kernel terpasang pada PCLinuxOS 2007 ini adalah Linux-2.6.18.8 dengan Xorg 7.1.1 dan GCC 4.1.1. Jika kumpulan aplikasi di CD belum memenuhi kebutuhan Anda, lebih dari 5000 aplikasi tambahan lain bisa Anda download dari PCLinuxOS repository. Tentu saja bila Anda mempunyai koneksi Intermet.
Meng-install PCLinuxOS ke harddisk sekaligus meng-install berbagai program untuk kebutuhan Anda yang beragam. Pengembang PCLinuxOS nampaknya telah benar-benar memperimbangkan kebutuhan pengguna dan memilihkan aplikasi-aplikasi yang paling umum dipakai. Mulai dari aplikasi office, pengolah gambar, media player, games, sampai tools untuk para developer semuanya langsung diinstall dan menunggu Anda untuk mencobanya.
Untuk keperluan mendownload program baru dan mengupdate sistem agar tak ketinggalan zaman, PCLinuxOS menyediakan tool yang disebut Synaptic. Synaptic menjadi pintu Anda ke gudang aplikasi PCLinuxOS di Web; ribuan program gratis siap didownload tanpa bayar. Ketika Anda ingin menginstall sebuah program, mulai dengan menjalankan fasilitas search di Synaptic. Jika program tersebut belum terinstall dan tersedia di gudang aplikasi PCLinuxOS, Anda dapat langsung meng-install program itu lewat Synaptic. Synaptic juga memiliki feature smart upgrade untuk mengupgrade program atau sistem operasi yang sudah terinstall. Semuanya begitu mudah.
Sedangkan Pada PCLinuxOS 2007 aplikasi terminal yang digunakan adalah Yakuake. Yakuake adalah aplikasi terminal yang mempunyai tampilan eye-candy menarik dan mendukung efek transparansi. Salah satu yang unik dari Yakuake adalah, ia berjalan pada background tidak terlihat oleh user. Kalau kamu ingin mengakses Yakuake, tekan saja tombol F12. Yakuake secara otomatis akan muncul.
C. Sub Sistem Operasi PCLinixOS  2007
1. Manajemen Proses
Proses adalah sebuah program yang sedang dieksekusi. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas prosesdibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.
Manajemen proses PCLinuxOS Preview 9 yang terbaru telah menggunakan Kernel 2.6.11-oci11 yang bekerja sempurna dengan desktop KDE 3.4.1. KDE 3.4.1 sendiri memanfaatkan backend hal/dbus untuk memudahkan automounting perangkat seperti usb key, cdrom, kamera, dan scanner.
PCLinuxOS disebarkan dalam bentuk live CD. Ini berarti Anda tidak perlu meng-install PCLinuxOS ke dalam harddisk. Cukup masukkan CDnya dan boot dari CDROM. Dalam waktu sekitar lima menit ,Anda sudah dapat menggunakannya. PCLinuxOS akan meng-uncompress data dari CD sambil jalan sehingga Anda dapat menikmati berbagai program yang berukuran sekitar 2 gigabyte. PCLinuxOS akan berjalan di memori dan memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh komputer, membakar CD, menyimpan ke harddisk, menikmati hiburan digital atau berselancar di web. Live CD berarti portabilitas alias membawa lingkungan sistem yang sudah Anda kenal dengan baik kemanapun anda pergi.
Kalau merasa tidak puas karena menjalankan dari CD agak lambat, Anda dapat meng-install PCLinuxOS ke hard disk Anda. Untuk melakukannya, Anda cukup mengklik sebuah ikon di bagian kiri dan sebuah antarmuka instalasi akan muncul di layar. Antarmuka tersebut sangat intuitif dan sangat membantu bahkan untuk pengguna paling awam Linux sekalipun. Cukup jawab beberapa pertanyaan konfirmasi, klik sana sini, PCLinuxOS akan mulai diinstall di hard disk. Yang asyik adalah selama proses instalasi, PCLinuxOS tetap fungsional sehingga Anda dapat meng-install sambil mencoba berbagai program di PCLinuxOS. Dengan begini Anda terhindar dari rasa bosan menunggu proses instalasi,feature dan aplikasi. Meng-install PCLinuxOS ke harddisk sekaligus meng-install berbagai program untuk kebutuhan Anda.
2. Manajemen Memori
Organisasi dan manajemen memori sangat mempengaruhi kinerja komputer. Manajemen memori melakukan tugas penting dan kompleks berkaitan dengan:
  • Memori utama sebagai sumber daya yang harus dialokasikan dan dipakai bersama diantara sejumlah proses yang aktif. Agar dapat memanfaatkan pemroses dan fasilitas masukan/keluaran secara efisien, maka diinginkan memori yang dapat menampung sebanyak mungkin proses.
  • Upaya agar pemrogram atau proses tidak dibatasi kapasitas memori fisik di sistem komputer.
Linux memanfaatkan virtual memori untuk mendukung kinerja sistem. Sebagai sistem operasi multiprogramming, virtual memori dapat meningkatkan efisisensi sistem. Sambil proses menunggu bagiannya diswap masuk ke memori, menunggu selesainya operasi masukan/keluaran dan proses diblocked. Jatah waktu pemroses dapat diberikan ke proses-proses lain.
Manajemen memori PCLinuxOS 2007 menyediakan:
1.   Ruang alamat besar
Ruang alamat dapat lebih besar dibanding memori fisik yang tersedia
2.  Proteksi
Tiap proses di sistem mempunyai ruang alamat maya tersendiri. Ruang-ruang alamat maya itu sepenuhnya terpisah. Proses yang berjalan di satu aplikasi tidak dapat mengganggu proses lainnya.
3.  Pemetaan memori
Dilakukan pemetaan antara memori maya ke memori fisik yang tersedia.
4.  Memori maya bersama (shared virtual memory)
Memori maya bersama ini untuk menghemat ruang memori, seperti pustaka dinamis  bagi beberapa proses.
Karena memori fisik lebih sedikit dibanding memori maya, maka sistem hanya memuatkan page-page maya yang saat itu sedang digunakan proses. Linux memuatkan page maya begitu diperlukan. Teknik ini disebut dengan demand paging. Saat pemroses berusaha mengakses alamat maya yang tidak di memori fisik, pemroses tidak dapat menemukan isian di tabel page maya. Pemroses menerbitkan page fault.
  • Jika alamat maya yang dituju tak absah (yaitu proses berusaha mengakses alamat maya yang tidak dibolehkan), maka sistem operasi mengakhiri proses itu untuk memproteksi proses-proses lain.
  • Jika alamat maya yang dituju absah tapi tidak sedang di memori fisik, maka sistem operasi harus membawa page ke memori dari disk. Pengaksesan disk memerlukan waktu lama. Jika terdapat proses lain yang dapat dijalankan, maka sistem operasi memilih proses lain untuk dijalankan. Proses dimulai kembali di instruksi dimana page fault terjadi. Pemroses dapat memetakan memori maya ke memori fisik saat dilakukan pengaksesan memori maya, sehingga proses terus berjalan. Jika tidak terdapat memori bebas, sistem operasi harus membuat ruang bagi page yang akan dimasukkan dengan membuang page lain dari memori.
  • Jika page telah dimodifikasi (dirty-page), sistem operasi harus menjaga isi page. Ketika dipindahkan dari memori, disimpan di ruang khusus (swap space).
  • Jika page yang dibuang berupa page belum ditulisi maka page tidak perlu dituliskan ke disk.
Linux menempatkan proses pada memori yang dibagi menjadi sejumlah partisi. Pemartisian ini bersifat dinamis maka jumlah, lokasi dan ukuran proses di memori dapat beragam sepanjang waktu secara dinamis. Proses yang akan masuk ke memori segera dibuatkan partisi sesuai kebutuhan. Linux menciptakan ruang disk tempat swap terlebih dahulu, saat proses diciptakan, ruang swap pada disk dialokasikan. Ketika proses harus dikeluarkan dari memori utama, proses selalu ditempatkan ke ruang yang telah dialokasikan, bukan ke tempat-tempat berbeda setiap kali terjadi swap-out. Ketika proses berakhir, ruang swap pada disk dialokasikan.
3. Manajemen Perangkat M/K
Dasar dari elemen perangkat keras yang terkandung pada I/O adalah busdevice controller, dan I/O itu sendiri. Kinerja kerja pada data yang bergerak antara device dan memori utama di jalankan oleh CPU, di program oleh I/O atau mungkin DMA controller. Modul kernel yang mengatur device adalah device driverSystem-call interface yang disediakan aplikasi dirancang untuk menghandle beberapa dasar kategori dari perangkat keras, termasuk block devices, character devices, memory mapped files, network socketsdan programmed interval timers.
Subsistem I/O kernel menyediakan beberapa servis. Diantaranya adalah I/O schedulling, buffering, spooling, error handling dandevice reservation. Salah satu servis dinamakan translation, untuk membuat koneksi antara perangkat keras dan nama file yang digunakan oleh aplikasi.
I/O system calls banyak dipakai oleh CPU, dikarenakan oleh banyaknya lapisan dari perangkat lunak antara physical device dan aplikasi. Lapisan ini mengimplikasikan overhead dari alih konteks untuk melewati kernel’s protection boundary, dari sinyal daninterrupt handling untuk melayani I/O devices. Sub sistem menyediakan beberapa perangkat M/K antara lain.

1.3.1   Disk

Disk drives adalah major secondary-storage I/O device pada kebanyakan komputer. Permintaan untuk disk I/O digenerate oleh sistem file dan sistem virtual memori. Setiap permintaan menspesifikasikan alamat pada disk untuk dapat direferensikan pada form dilogical block number.
Algoritma disk schedulling dapat meningkatkan efektifitas bandwithaverage response time, dan variance response time. Algoritma seperti SSTF, SCAN, C-SCAN, LOOK dan C-LOOK didesain untuk membuat perkembangan dengan menyusun ulang antrian disk untuk meningkatkan total waktu pencarian.
Kinerja dapat rusak karena external fragmentation. Satu cara untuk menyusun ulang disk untuk mengurangi fragmentasi adalah untuk back up dan restore seluruh disk atau partisi. Blok-blok dibaca dari lokasi yang tersebar, me-restore tulisan mereka secara berbeda. Beberapa sistem mempunyai kemampuan untuk men-scan sistem file untuk mengidentifikasi file terfragmentasi, lalu menggerakan blok-blok mengelilingi untuk meningkatkan fragmentasi. Men-defragmentasi file yang sudah di fragmentasi (tetapi hasilnya kurang optimal) dapat secara signifikan meningkatkan kinerja, tetapi sistem ini secara umum kurang berguna selama proses defragmentasi sedang berjalan. Sistem operasi me-manage blok-blok pada disk. Pertama, disk baru di format secara low level untuk menciptakan sektor pada perangkat keras yang masih belum digunakan. Lalu, disk dapat di partisi dan sistem file diciptakan, dan blok-blok boot dapat dialokasikan. Terakhir jika ada blok yang terkorupsi, sistem harus mempunyai cara untuk me-lock out blok tersebut, atau menggantikannya dengan cadangan.
Tertiary storage di bangun dari disk dan tape drives yang menggunakan media yang dapat dipindahkan. Contoh dari tertiary storageadalah magnetic taperemovable magnetic, dan magneto-optic disk.
Untuk removable disk, sistem operasi secara general menyediakan servis penuh dari sistem file interface, termasuk space management dan request-queue schedulling. Untuk tape, sistem operasi secara general hanya menyediakan interface yang baru. Banyak sistem operasi yang tidak memiliki built-in support untuk jukeboxesJukebox support dapat disediakan oleh device driver.

1.3.2 Perangkat Penyimpanan Tersier

Karakteristik dari perangkat penyimpanan tersier pada dasarnya adalah menggunakan removable media yang tentu saja berdampak pada biaya produksi yang lebih murah. Sebagai contoh: 1 VCR dengan banyak kaset akan lebih murah daripada 1 VCR yang hanya dapat memainkan satu kaset saja.
Macam-macam Struktur Penyimpanan Tersier
a. Floppy Disk
Menurut Silberschatz et. al. [Silberschatz2002], floppy disk adalah sebuah media penyimpanan yang terbuat dari cakram fleksibel tipis yang dilapisi oleh bahan magnetik dan ditutupi oleh plastik.
Ciri-ciri floppy disk:
  1. Memiliki kapasitas kecil (1-2 Mb).
  2. Kemampuan aksesnya hampir secepat hard disk.
  3. Lebih rentan terhadap gesekan di permukaan magnetiknya.
Prinsip ini juga digunakan oleh disk magnetik yang memiliki kapasitas sebesar 1 GB yang memiliki kecepatan akses yang hampir sama dengan hard disk.
b. Magneto-optic disk
Dalam magneto-optic disk, data ditulis di atas sebuah piringan keras yang dilapisi oleh suatu bahan magnetik lalu dilapisi pelindung untuk melindungi head dari disk tsb. Dalam suhu ruangan, medan magnet yang ada tidak dapat digunakan untuk menyimpan bit data sehingga harus ditembakkan laser dari disk head. Tempat yang terkena sinar laser ini dapat digunakan untuk menyimpan bit.
Head membaca data yang telah disimpan dengan bantuan Kerr Effect. Efek ini timbul karena head dari magneto-optic disk terlalu jauh dari permukaan disk sehingga tidak dapat dibaca dengan cara yang sama yang diterapkan ke hard disk. Oleh karena itu digunakan Kerr Effect.
Menurut Silberschatz et. al. [Silberschatz2002], prinsip dari Kerr Effect adalah ketika suatu sinar laser dipantulkan dari sebuah titik magnetik, polarisasinya akan diputar searah atau berlawanan arah dengan arah jarum jam, tergantung dari orientasi medan magnetiknya. Rotasi inilah yang dibaca oleh head sebagai sebuah bit.
c. Optical disk
Disk tipe ini tidak menggunakan magnetik melainkan suatu bahan yang dapat dibelokkan oleh sinar laser. Setelah dimodifikasi dengan dengan sinar laser pada disk akan terdapat spot yang gelap atau terang. Spot ini menyimpan satu bit.
Teknologi optical-disk dapat dibagi menjadi:
  1. Phase-change disk, dilapisi oleh material yang dapat membeku menjadi crystalline atau amorphous state. Kedua state ini memantulkan sinar laser dengan kekuatan yang berbeda. Drive menggunakan sinar laser pada kekuatan yang berbeda. Kekuatan rendah digunakan untuk membaca data yang telah ditulis, kekuatan medium untuk menghapus data dengan cara melelehkan permukaannya dan kemudian dibekukan lagi ke dalam keadaan crystalline. Kekuatan tinggi digunakan untuk melelehkan disk-nya ke dalam amorphous state sehingga dapat digunakan untuk menulis data.
  2. Dye-polimer disk, merekam data dengan membuat bumpDisk dilapisi plastik yang mengandung dye yang dapat menyerap sinar laser. Sinar laser membakar spot yang kecil sehingga spot membengkak dan membentuk bump. Sinar laser juga dapat menghangatkan bump sehingga spot menjadi lunak dan bump menjadi datar.
d. Write Once Read Many-times (WORM)
WORM terbentuk dari sebuah aluminium film yang dilapisi oleh plastik di bagian atas dan bagian bawahnya. Untuk menulis data, pada media ini digunakan sinar laser untuk membuat lubang pada aluminiumnya sehingga disk ini hanya dapat ditulis sekali.
Ciri-ciri WORM Disk:
  1. Hanya dapat ditulis sekali.
  2. Data lebih tahan lama dan dapat dipercaya.
WORM ini dianggap tahan banting dan paling terpercaya karena lapisan metalnya dilindungi dengan aman oleh lapisan plastiknya dan juga datanya tidak dapat dirusak dengan pengaruh medan magnet.
Kebanyakan removable-disk lebih lambat dari non-removable-disk karena kinerja mereka juga dipengaruhi oleh waktu yang dibutuhkan untuk menulis data. Waktu ini dipengaruhi oleh waktu rotasi, dan juga kadang-kadang seek time.
e. Tapes
Sebuah tape dapat menyimpan data lebih banyak dari optical maupun magnetic disk cartridge, harga cartridge dari tape drive lebih murah namun memiliki random access yang lebih lambat karena membutuhkan operasi fast-forward dan rewind yang kadang-kadang dapat membutuhkan waktu beberapa detik bahkan menit.
Tape ini biasa digunakan oleh supercomputer center untuk menyimpan data yang besar dan tidak membutuhkan random accessyang cepat.
Dalam skala yang besar biasanya digunakan Robotic Tape Changers yaitu sebuah alat yang dipakai untuk mengganti tape dalam sebuah library.
Stacker menyimpan beberapa tape, sedangkan silo untuk menyimpan ribuan tape.
1.3.3 Penyimpanan Holographic
Teknologi ini digunakan untuk menyimpan foto hologram di media khusus. Misalkan pada foto hitam putih digunakan array 2 dimensi yang merepresentasikan warna hitam dan putih (bit 0 dan 1) maka di teknologi holographic ini satu pixel gambar dapat menyimpan jutaan bit sehingga gambarnya menjadi tajam dan pixelnya ditransfer menggunakan sinar laser sehingga transfer rate-nya tinggi.
a. Microelectronic Mechanical Systems (MEMS)
Teknologi yang bertujuan mengembangkan sebuah media penyimpanan yang bersifat non-volatile dengan kecepatan yang lebih cepat dan lebih murah dari semiconductor DRAM.
1.3.4 Managemen Penyimpanan Hirarkis
Managemen Penyimpanan Hirarkis (Hierachical Storage management) menjelaskan storage hierarchy antara primary memory dansecondary storage untuk membentuk tertiary storageTertiary storage biasanya diimplementasikan sebagai jukebox dari tapes atauremovable media.
Walau pun tertiary storage dapat memepergunakan sistem virtual-memory, cara ini tidak baik. Karena pengambilan data dari jukeboxmembutuhkan waktu yang agak lama. Selain itu diperlukan waktu yang agak lama untuk demand paging dan untuk bentuk lain dari penggunaan virtual-memory.
File yang kapasitasnya kecil dan sering digunakan disimpan di disk. Sedangkan file yang kapasitasnya besar, sudah lama, dan tidak aktif akan diarsipkan di jukebox. Pada beberapa sistem file-archivingdirectory entry untuk file selalu ada, tetapi isi file tidak berada disecondary storage. Jika aplikasi mencoba membuka file, pemanggilan open system akan ditunda sampai isi file dikirim dari tertiary storage. Ketika isi file sudah ada di secondary storage, operasi open dikembalikan ke aplikasi. Hierachical Storage managementbiasanya ditemukan pada pusat supercomputing dan installasi besar lainnya yang mempunyai data yang besar.
4. Sistem Arsip / File
Sistem file adalah suatu metode yang digunakan oleh program untuk menyimpan data kedalam hard disk.Adapun metode penyimpanan data kedalam hard disk adalah sebagai berikut : FAT, FAT32, NTFS, Linux Ext2, Linux Ext3, Linux Swap dan type 8E. PCLinuxOS 2007 menggunakan system file Linux Ext3.
EXT3 adalah peningkatan dari EXT2 file sistem. Peningkatan ini memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:
  • Setelah kegagalan sumber daya, “unclean shutdown”, atau kerusakan sistem, EXT2 file sistem harus melalui proses pengecekan dengan program e2fsck. Proses ini dapat membuang waktu sehingga proses booting menjadi sangat lama, khususnya untuk disk besar yang mengandung banyak sekali data. Dalam proses ini, semua data tidak dapat diakses.
Jurnal yang disediakan oleh EXT3 menyebabkan tidak perlu lagi dilakukan pengecekan data setelah kegagalan sistem. EXT3 hanya dicek bila ada kerusakan hardware seperti kerusakan hard disk, tetapi kejadian ini sangat jarang. Waktu yang diperlukan EXT3 file sistem setelah terjadi “unclean shutdown” tidak tergantung dari ukuran file sistem atau banyaknya file, tetapi tergantung dari besarnya jurnal yang digunakan untuk menjaga konsistensi. Besar jurnal default memerlukan waktu kira-kira sedetik untuk pulih, tergantung kecepatan hardware.
  • Integritas data EXT3 menjamin adanya integritas data setelah terjadi kerusakan atau “unclean shutdown”. EXT3 memungkinkan kita memilih jenis dan tipe proteksi dari data.
  • Kecepatan Daripada menulis data lebih dari sekali, EXT3 mempunyai throughput yang lebih besar daripada EXT2 karena EXT3 memaksimalkan pergerakan head hard disk. Kita bisa memilih tiga jurnal mode untuk memaksimalkan kecepatan, tetapi integritas data tidak terjamin.
  • Mudah dilakukan migrasi Kita dapat berpindah dari EXT2 ke sistem EXT3 tanpa melakukan format ulang 230
Semua sistem operasi meliputi dukungan untuk berbagai sistem file. Sistem File modern meliputi suatu hirarki direktori..
Dua contoh yang nyata dari perbedaan implementasi yang ada adalah karakter yang digunakan untuk direktori terpisah, dan kepekaan kasus.
Linux membuat garis demarkasi komponen alur nya dengan suatu simbol (/),.
suatu konvensi yang diikuti oleh sistem operasi yang menyainginya atau sedikitnya konsep nya daridirektori hirarkis, seperti Amiga OS dan Mac OS X. MS DOS juga menyaingi corak ini, tetapi tetap saja dianggap mengadopsi CP/M konvensi yang menggunakan simbol untuk pilihan  tambahan ke perintah. Maka sebagai gantinya menggunakan backslash ( \) [sebagai mesin pemisah komponen nya.
Microsoft Windows melanjutkan dengan konvensi ini; Edisi Jepang Penggunaan Windows¥, dan Edisi Korea menggunakan ?.[ 1] Versi Mac OS sebelum OS X menggunakan suatu tanda titik dua (:) karena suatu mesin pemisah alur. RISC O menggunakan suatu periode(.). Sistem operasi Linux Dan Unix mempertimbangkan manapun karakter di dalam file menyebut selain dari simbol dan NUL karakter.
Nama File Linux dan Unix adalah kasus sensitip, yang mengijinkan berbagai file untuk diciptakan nama yang berbeda hanya jika. Sebagai pembanding, Microsoft Windows memfile nama bukanlah kasus yang sensitip dengan ketidak hadiranya. Windows juga mempunyai suatu yang  lebih besar satuan karakter pemberian tanda baca yang tidaklah diijinkan nama file
5. Sistem Komunikasi /Jaringan
Jaringan (Client dan Server)
Untuk dapat memanfaatkan layanan-layanan internet diperlukan aplikasi (software) jaringan baik itu aplikasi server ataupun client. PCLinuxOS telah menyertakan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan jaringan komputer dan internet.          
Aplikasi-aplikasi jaringan dan internet yang tersedia pada PclinuxOS 2007
Browsing Web
Beberapa browser yang disediakan oleh PCLinuxOS 2007 :
  • Mozilla, adalah free web browser turunan Netscape browser.
  • Konqueror, adalah web browser default milik KDE.
  • Links, web browser berbasis teks yang mampu menangani frame.
  • Lynx, web browser berbasis teks yang tidak mampu menangani frame.
Internet Keywords
Pencarian (searching) web menggunakan Konqueror cukup praktis. Konqueror telah mendefinisikan sejumlah mesin pencari (search engines), semuanya hanya dengan suatu specific shortcut. Untuk mencari suatu topik tertentu di internet, ketik saja shortcut dan keyword yang dipisahkan dengan sebuah colon (tanda titk dua). Cara menentukan shortcut sendiri : pilih menu Settings | Configure Konqueror | Web Shortcuts.
Bookmarks
Bookmark ini digunakan untuk menyimpan seluruh URL address (alamat/lokasi halaman web) atau link-link direktori pada local hard dik. Program ini digunakan untuk : mengelola, menyusun, menambah dan menghapus bookmarks
Menggunakan E-mail Klien
E-mail adalah pesan atau surat elektronik. Saat ini e-mail merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi para pengguna internet, karena lebih cepat dan praktis dibandingkan dengan pengiriman surat biasa. Program ini digunakan untuk mengakses surat yang ada dalam mailbox di server e-mail. Program e-mail ini dapat megerti berbagai protocol standar e-mail yang berfungsi untuk menjalankan proses transfer e-mail dari satu komputer ke komputer lain. Protocol ini memungkinkan user untuk mengirim dan menerima surat elektronik.
KDE sudah menyertakan sebuah program yang berfungsi sebagai e-mail klien yaitu Kmail. Sebelum user dapat memakai e-mail klien, user memerlukan berbagai informasi berkenaan dengan account e-mail user. Informasi yang diperlukan yaitu :
  • Alamat e-mail user (misalnya info@infolinux.co.id).
  • Username dan password (yang terdaftar di server e-mail).
  • Nama server / alamat IP server dan protocol untuk menerima e-mail. Ada dua jenis protocol yang umum, yaitu POP atau IMAP. Tetapi yang paling umum digunakan adalah POP atau POP3.
  • Nama server / alamat IP server dan protocol untuk mengirimkan e-mail. Biasanya protocol untuk mengirim e-mail adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol).
Kmail digunakan untuk membaca, membuat, mengirim dan menerima e-mail. KMail memungkinkan user untuk membuat beberapa account e-mail dan mengkonfigurasi beberapa filter yang sudah user definisikan untuk mensortir e-mail kedalam folder-folder masing-masing account. Enkripsi dan deskripsi pesan-pesan e-mail juga dapat ditangani dengan baik oleh KMail.
Format Mailbox
KMail dapat menyimpan surat dalam format berikut :
  • Mbox, dalam format tradisional UNIX menyimpan seluruh surat ke dalam sebuah file tunggal. Direktori-direktori juga disimulasikan sebagai file-file tunggal. Setiap surat yang ada dalam file tunggal tersebut hanya dapat dibedakan berdasarkan baris yang diawali kata “From”.
  • MailDir, berbeda dengan format Mbox, format MailDir setiap surat disimpan sebagai file yang berbeda-beda. Pesan-pesan tersebut disimpan dalam direktori dan dapat dengan mudah diidentifikasi dan selanjutnya diproses. KMail menggunakan format MailDir format secara default. MailDir tidak banyak didukung oleh banyak program-program e-mail lain.
Macam-macam Protocol E-mail
Sistem e-mail adalah aplikasi lengkap yang terdiri dari beberapa protocol. Gabungan-gabungan protocol ini adalah sebagai berikut :
  • POP3 (Post Office Protocol Version 3)
POP3 adalah suatu prosedur standar untuk menerima e-mail. Sebuah POP3 server menyimpan pesan sampai user mendownloadnya dengan program POP3 client (misal KMail). Ini adalah metode yang sering digunakan oleh ISP (Internet Service Provider).
  • IMAP (Internet Message Access Protocol)
IMAP digunakan untuk menerima pesan e-mail dan dikelola pada sever e-mail tanpa perlu mendownloadnya ke lokal hard disk. Ini sering digunakan dalam jaringan internal sehingga memungkinkannya e-mail diakses dari komputer yang berbeda.
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
SMTP adalah protocol untuk mengirim e-mail, baik antara e-mail server dengan e-mail server lain, maupun antara e-mail klien dengan e-mail server.
Untuk memakai KMail, klik pada Main Menu | Internet | KMail (Mail Client). KMail juga harus dikonfigurasi terlebih dahulu untuk bisa digunakan dengan maksimal. Untuk menjalankan konfigurasi klik Settings pada menu bar KMail dan pilih menu Configure KMail. Window Configure mempunyai bagian-bagian berikut : Identities, Network, Appearance, Composer, Security, dan Misc. untuk mulai mengirim dan menerima e-mail user harus mengubah nilai-nilai pada menu Identities dan Network.
Konfigurasi Network
Konfigurasi yang harus dilakukan adalah konfigurasi Network (pilih menu Network pada window Configure KMail).konfigurasi ini memberitahukan pada KMail tentang bagaimana menerima dan mengirim e-mail. Ada dua buah tabpada window ini, masing-masing untuk sending dan untuk receiving mail.
  • Sending
Agar KMail dapat mengirimkan e-mail melalui mail server, user harus menambahkan informasi mengenai server tersebut. Untuk membuat atau mendefinisikan outgoing mail boxes dapat dilakukan pada Sending tab. Tekan tombol “Add” yang akan memberikan pilihan SMTP atau sendmail. Karena menggunakan server untuk mengirim e-mail, pilih SMTP. Setelah itu akan muncul window baru dan isi bagian Name dengan keterangan, bagian Host dengan IP address atau nama komputer SMTP server user, dan port diisi dengan angka 25.
  • Untuk mengambil e-mail-e-mail dari server harus mendefinisikan informasi tentang e-mail server tersebut yang dapat dilakukan pada Receiving tab. Tekan Add untuk membuat account baru. Kemudian akan muncul window pilihan tipe account yang menentukan metode-metode pengambilan mail seperti local (Mbox atau MailDir format), POP3, atau IMAP. Setelah dipilih maka akan muncul window untuk mengisi informasi seperti Name, Login, Password, Host dan Port. Isi Name dengan keterangan, Login dengan username atau login name ke server POP3, Password dengan password account, Host dan Port dengan IP address atau nama komputer server pop3 dan nomor port POP3 yaitu 110. Kemudian tekan “OK” dan ketika kembali kewindow utama Configure KMail ketik tombol “Apply”.
E-mail Klien Alternatif
Terdapat e-mail klien alternatif selain KMail dalam distribusi KNOPPIX, yaitu Mozilla Main. Dengan fasilitas yang hampir sama dengan pilihan yang cukup luas.
Ketika mengaktifkan program ini user akan diminta untuk mengonfigurasi account e-mail mirip dengan KMail. Untuk menjalankan Mozilla Mail gunakan Menu Utama | Internet | Mozilla Mail.
6. Sistem Keamanan
Di linux semua hal adalah file, baik itu berkas, device, dsb. Dan setiap file di-embedded dengan yang namanya “Permission”. Hal ini berhubungan dengan hak akses, user,password dan group dari si-empunya file. Selain itu, walaupun menggunakan disket boot Linux, Anda tidak akan bisa menerobos masuk tanpa menjadi salah satu User sah di system tersebut.System password dan otentifikasi yang berlapis menjadi andalan system ini. Hanya user “root” yang bisa melakukan segala hal, yang lain tidak ada hak kecuali di batasan Home sendiri.
Untuk sisi keamanan, PCLinuxOS 2007 Memberikan perlindungan antivirus dari vendor Kaspersky. selain menyediakan firewall juga memberikan solusi perlindungan antivirus dari  Paket PCLinuxOS-Security, atau lebih dikenal msec, adalah salah satu paket dasar dalam PCLinuxOS sejak dikenalkan pada versi PCLinuxOS-2.6.18.8. Sejak itu, msec banyak mengalami perubahan, kebanyakan transformasi yang dilakukan adalah dari penggunaan script shell pada PCLinuxOS-2.6.18.8 ke sistem python pada Mandriva 8.2.
Fungsi dasar yang dimiliki msec, hampir semuanya sama. Setiap pengguna, ada atau tidak, msec digunakan kedalam beberapa tingkatan. ~DrakX, installer GUI PCLinuxOS, saat meminta tingkat yang anda inginkan pada sistem (Low, Medium, High) disebut msec untuk mengamankan sistem anda.
7. Kelebihan Dan Kekurangan PCLinuxOS 2007
Kelebihan PCLinuxOS adalah adanya forum komunitas yang siap menjawab berbagai masalah Anda. Newbie tidak perlu sungkan bertanya tentang kesulitan yang ditemui, karena anggota komunitas lain dengan ramah akan menjawab pertanyaan Anda dengan jelas. Tak jarang para developer PCLinuxOS juga terlibat langsung dalam menjawab berbagai pertanyaan. Hal ini membuat forum dan milis PCLinuxOS menjadi sarana belajar yang asyik dan mendidik.
PCLinuxOS tak pelak lagi memenuhi semua syarat sebuah distro tidak membuat jera Linuxer pemula. Kemudahan instalasi, dukungan penuh untuk produktivitas dan hiburan, serta forum komunitas yang solid dan bersahabat. Tak heran jika beberapa ulasan distro menobatkan PCLinuxOS sebagai distro terbaik di tahun 2007.
Kekurangan PCLinuxOS harus mengUpdate sistem terlebih dahulu, untuk mendownload program baru agar tidak ketinggalan zaman.
8. Langkah Installasi PCLinuxOS
  • Booting dengan menggunakan LiveCD PC Linux OS 2007,, tunggu hingga masuk ke dalam desktop,.kemudian pilih us keyboard, kemudian next, dan selanjutnya pilih Negara yang anda inginkan,kemudian tekan next.
  • kemudian setting time zone,date,dan clocknya, dan Kemudian kita diminta untuk memilih apa saja yang akan diperbolehkan untuk diakses di komputer anda oleh user dari luar atau lebih dikenal dengan Firewall. kita tentukan sendiri apa saja yang akan dipilih tinggal klik saja
  • Konfigurasi selesai, selanjutnya kita tinggal mencoba untuk login dengan user dan password yang baru saja kita buat.
  • kemudian login lah dengan menggunakan account Root. Click shortcut pada desktop “install PC Linux”, jika anda tidak login sebagai Root, maka akan muncul kotak dialog yang meminta password Root untuk melanjukan proses installasi. Isikan password Root, stardartnya adalah”root”, klik next untuk melanjutkan.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih media sebagai tempat installasi PcLinux, jika kita akan menginstall di harddisk ide/sata pilih yang pertama, jika ingin menginstall di usb drive pilih yang kedua.dan selanjutnya Akan muncul kotak dialog untuk menentukan partisi, ada 3 pilihan. Pilihan yang pertama kita memilih untuk menggunakan partisi yang sudah ada, pilihan yang kedua hapus partisi dan menggunakannya, pilihan yang ketiga kita dapat menentukan sendiri partisinya Pilih yang terakhir.
  • Selanjutnya pilihan yang terakhir akan menuntun kita membagi partisi secara manual sesuai dengan keinginan kita.
  • Langkah selanjutnya adalah kita membuat partisi untuk Linux Swap, besarnya 2x dari RAM yang terpasang, semisal RAM pada PC kita adalah 256Mb, maka ukuran swap adalah 512Mb. Perlu diingat, jika ukuran RAM lebih dari 512Mb, ukuran swap cukup dengan 512Mb. Biar tidak habis space harddisk anda
  • Setelah membuat partisi untuk swap, lalu kita akan membuat partisi sebagai mount point /home.
  • Nah, untuk partisi yang terakhir, kita gunakan sebagai mount point / (baca:root). Setelah selesai, klik Done.
  • Semua partisi yang sudah kita buat tadi akan di format, jadi pastikan anda sudah mantap dengan partisi yang anda buat tadi.kemudian,Tunggu proses format partisi.
  • Setelah proses format tadi selesai, akan muncul jendela, apakah kita akan melakukan proses installasi, jika Ya klik Next, jika kita akan membatalkan, pilih Cancel. Selanjutnya Tunggu hingga proses installasinya selesai..Langkah selanjutnya adalah menginstall Bootloader, bootloader yang digunakan PC Linux OS 2007 adalah Grub.
  • Kemudian isi password untuk account root. Kemudian buat User, dan setelah selesai?, restart PC anda. Dan selesai sudah kita menginstal Pc Linux Os

  • Dan sekarang sudah selesai, kita dapat menggunakan dan menjalankan aplikasi pada Pc Linux Os

Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Poskan Komentar