21 Juni 2011

Cara Menggunakan Proxy pada Android 2011

Salah satu keterbatasan ponsel-ponsel Android adalah tidak adanya opsi/setting proxy server client yang memudahkan kita untuk terkoneksi ke jaringan yang dilindungi proxy. Kalaupun ada, tidak menyertakan credential atau fasilitas Log In ke proxy server tersebut sehingga bila kita terhubung dengan jaringan internet proxy, kita hanya bisa berselancar lewat browser bawaan saja. Sedangkan aplikasi yang memerlukan koneksi internet tidak akan jalan karena terhalang credential proxy tadi. Lalu makhluk apakah proxy server itu? saya tidak akan menjelaskannya di artikel ini karena pasti sudah dijelaskan oleh Tante Wikipedia atau lebih lengkap lagi oleh Om Google.

Ok, sebelum memulai men-setting proxy jaringan di hape android tersayang kita, sebaiknya persiapkan syarat-syarat utamanya, yaitu:
1. Memerlukan hape Android yang sudah di-root , cara root hape Android sangat gampang. Tinggal download aplikasi ini , install di hape android kita, trus jalankan aplikasinya, klik pada tombol “Root”, dan ikutin aja apa yang diperintahkan si aplikasi. (ingat, root ini bisa membuat garansi hilang, jadi jangan lupa un-root sebelum dianter ke service center bila garansi masih ada).
2. Download dan install aplikasi Root Explorer ini ke hape Android kita.
3. Download dan install aplikasi Transparent Proxy ini ke hape Android kita.
4. Anda harus hafal alamat server proxy dan credential (Username dan Password bila diperlukan) agar bisa terhubung ke proxy.
5. Secangkir kopi panas dan camilan kalau perlu….hehehehe
Yup, setelah semua sudah disiapkan mari kita kerjakan. Langkah-langkahnya cukup gampang kok, tinggal klik-klik jadi. Ini dia langkah-langkahnya :
1. Buka aplikasi root explorer di hape Android kita. Lalu klik pada tombol “Allow”. Ini menandakan bahwa aplikasi manager tersebut diperbolehkan untuk meng-akses jeroan ponsel kita.
Shortcut Root Explorer yang dilingkari
2. Masih di aplikasi root explorer, kita akan melihat ada tombol “Mount R/W” di bagian atas. Tekan aja tombol itu, gak akan meledak kok.
Tombol Mount R/W di Sebelah Atas

3. Trus cari dan klik pada folder “data”. Lihat banyak folder lagi khan? nah tekan pada folder “data” lagi. Masih lihat banyak folder lagi? gak apa2… cari dan klik aja folder “com.hasbox.tproxy”. Nah, tinggal sedikit khan folder-nya, tapi kali ini saya tidak menyarankan untuk memilih folder manapun karena kita akan meng-edit file-filenya (bukan foldernya). Kita akan menemukan tiga file di situ. File “proxy.sh”, “redirect.sh”, dan “redsocks”. Edit permission file-file tadi dengan menekan agak lama pada file tersebut hingga muncul pop up “Options”, pilih “Permissions”, lalu bubuhi tanda centang pada semua kotak terus “OK”.

Centang aja semua
4. Setelah meng-edit file-file tadi, tutup aplikasi root explorer dan jalankan aplikasi Transparent Proxy. Pilih “HTTP”, lalu masukkan host name dan port. Centang pada “Enable Authentication” bila jaringan membutuhkan informasi Username dan Password untuk mengaksesnya. Lalu klik pada tombol yang bertuliskan “Off” di bawah dan jangan lupa klik “Allow” lagi.
Shortcut Transparent Proxy yang dilingkari
setting proxy
5. Yup, Anda sudah bisa menjalankan aplikasi Android anda di jaringan internet atau WiFi yang diproteksi oleh proxy server.
NB: Cara ini sudah dicoba di handphone Samsung Galaxy S i9000. Kemungkinan hasil akan bervariasi untuk handphone android yang lain.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Poskan Komentar